Sabtu, 05 Mei 2012

TINGKATKAN BUDAYA BERDOA BERSAMA



Tema hari ke-5 adalah meningkatkan budaya berkumpul bersama. Berkumpul bersama baik dalam keluarga ataupun komunitas sangat perlu dipertahankan dan diperjuangkan secara terus menerus dalam meningkatkan kualitas beriman.

Pak Yohanes sebagai pembawa firman menjelaskan betapa dewasa ini kegiatan bersama baik di rumah maupun di komunitas sangat langka. Sedikit ruang yang tersedia dalam keluarga untuk saling berkomunikasi dalam dan beraktivitas bersama. Yang terjadi setiap anggota keluarga sibuk dengan dirinya sendiri. Alat komunikasi modern tidak mendekatkan antaranggota keluarga tetapi membuat setiap anggota keluarga berasyik-asyik dengan diri sendiri. Ini mengakibatkan sikap egoisme makin berkembang. Orang dengan mudah menikmati musik, foto, video, dll hanya dengan ‘handphone’(HP). Bahkan orang duduk dengan handset dengan musik tak memedulikan orang lain yang lalu lalang di sekitarnya.

Sedih bila melihat gejala yang demikian. Dalam keluarga satu dengan yang lain komunikasi terputus dengan budaya baru yaitu menikmati kemewahan alat komunikasi modern. Komputer dengan fasilitas internet, HP multifungsi, tablet, dll. Alat-alat ini bermanfaat besar selama digunakan sesuai kebutuhan tanpa meninggalkan nilai-nilai kebersamaan baik dalam keluarga ataupun dalam komunitas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa membudayakan doa bersama dalam keluarga,  komunitas, kelompok, dapat meningkatkan kualitas beriman dan sekaligus membentengi dari sifat-sifat egoisme. Doa bersama dalam lingkungan menjadi media komunikasi langsung antarindividu ataupun kelompok. Yesus  sendiri mewariskan kepada umat-Nya dalam bentuk Perjamuan Ekaristi. Melalui Perjamuan Ekaristi jalinan komunikasi antara umat dan Allah menjadi semakin berkualitas. Melalui Perjamuan Ekaristi penghormatan terhadap Sakramen Mahakudus semakin bermutu dan umat secara terus-menerus dapat menimba rahmat Allah secara nyata.

Akhirnya marilah kita terus meningkatkan pola-pola hidup bersama agar komunikasi langsung menjadi semakin kuat sehingga melalui pertemuan bersama baik dalam keluarga ataupun komunitas dapat meningkatkan kualitas beriman kita. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar