Jumat, 04 Mei 2012

BERUNTUNG MENJADI KATOLIK


Rosario Jumat, 4 Mei 2012

Memasuki hari ke-4 rosario kali ini diselenggarakan di rumah Bapak Petrus Supriaji. Kali ini yang hadir cukup banyak 38 orang. Tema renungan adalah “Kita beruntung menjadi Katolik” .Tema ini dipilih sesuai bacaan harian tentang Yesus sebagai Jalan dan Kebenaran. Benar memang sebagai orang Katolik menjadi orang yang beruntung. Betapa tidak, Yesus sendiri yang pergi ke rumah Bapa dan menyediakan tempat bagi yang percaya kepada-Nya dan Dia sendiri yang akan menjemput kita memasuki kerajaan-Nya dan berbahagia bersama Dia di Surga.

Dalam kothbahnya  Bapak Efendhi mengajak umat untuk terus-menerus menghayati iman kita secara berbudaya. Diuraikan berbagai contoh kegiatan beriman yang selaras dengan budaya kita antara lain: memberi salam/bersalaman setiap bertemu sesama warga Katolik ataupun umat lain, juga mengucapkan Shalom, Berkah dalem, Puji Tuhan dll. Begitu pula tradisi rosario sebulan penuh yang telah lama berlangsung di Santo Thomas Klaseman pada bulan Mei dan Oktober harus terus dipertahankan. Kothbah diakhiri dengn mengingtkan akan pentingnya menghormati Sakramen Mahakudus Yesus yang diperingati setiap Jumat pertama dalam bulan. Dtegaskan bahwa Barang siap selama sembilan Jumat pertama mengikuti Misa Kudus, dia akan mendapatkan indulgensi khusus diantaranya pada saat meninggal akan menerima semua sakramen persiapan kematian, tidak akan mati mendadak dll.

Rosario diakhiri dengan ramah tamah mengingat hari itu juga merupakan pesta ulang tahun perkawinan Bapak Petrus Suprianto dan Ibu Sisil. Selamat dan semoga menjadi keluarga yang senantiasa meneladan keluarga Kudus di Nasaret. Profisiat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar